Minggu, 29 November 2015

[Beauty Talk] Yuk Cari Tahu Undertone Kulit Kita

Hello Sugar ^^

Lagi pingin beli foundation? Pingin tau apa yang harus dipertimbangkan saat memilih shade yang tepat? Atau pernah merasa kalau make up kalian yang semula cakep, lama-lama jadi dekil gitu, atau malah wajah jadi kusam abu-abu? Hmm.. jawabannya ada di warna undertone kalian.

Undertone itu simpelnya adalah warna dominan. Ada 3 macam:
1. Warm / Yellow ( dominan kuning )
2. Cool / Rose ( dominan pink )
3. Neutral ( yang masuk dalam warm maupun cool undertone )
Bagaimana cara menentukan undertone kita? Ada banyak cara sih, tapi saya mau tulis 2 saja yang gampang.
1. Siapkan aksesoris berwarna emas dan perak. Perhiasan juga boleh.
- Kalau kamu lebih cocok  memakai aksesoris berwarna emas / perhiasaan emas dari pada perak, berarti kamu punya warm / yellow undertone.
- Jika sebaliknya, kamu lebih pantas pakai perak, berarti kamu punya cool / pink undertone.
Tapi, jika keduanya, baik perak maupun emas cocok kamu pakai, berarti kamu punya neutral undertone.
2. Lihat warna pembuluh darah di pergelangan tangan bagian dalam
- Jika warnanya kehijauan, berarti kamu punya warm/yellow undertone.
- Jika warnanya kebiruan atau keunguan, berarti kamu punya cool/pink undertone.
Kalau kelihatannya warna pembuluh darah kamu hijau kebiruan atau keunguan, berarti kamu punya neutral undertone.
Orang Indonesia kebanyakan sih punya yellow undertone. Meskipun ada yang kuningnya kenceng banget, ada yang kuningnya biasa aja jadi cenderung ke netral.

Ok, sudah bisa menentukan undertone kamu? atau masih bingung? Ada cara lain kok buat menentukannya, silahkan googling kalau dua cara diatas masih bikin bingung :D

Lalu, hubungannya dengan warna foundation apa? Ya, tentu saja jika sudah tau undertone kita, pilih foundation yang sama dengan undertone dong.
Jika warm undertone, pilih foundation yang cenderung berwarna kuning. Biasanya sih, beige, sand beige, yellow beige, golden, dlsb.
Jika cool undertone, pilih foundation yang warnanya ngepink, bisa sheer pink, suntan, ivory, dlsb,
Neutral undertone juga  mudah, karena setiap foundation pasti ada shade netralnya.

Foundi dan base make up saya yang salah semua -_- 

Itu Foundation Caring saya, shade-nya sih sand beige, tapi apa? yup benar, ngepink -__- bikin wajah saya lama-lama jadi abu-abu :(
Foundi Ultima, saya udah jelaskan di post ini, juga agak pink, BB sticknya juga.
Sedang CC Cream saya, Secret Key kan dari korea, undertone orang sana pasti cool dong, udah bisa dipastiin kalau dipakai agak abu-abu. Tapi ga terlalu abu-abu banget juga sih yang ini. Paling parah tu malah foundi Caring saya.

Kalau kita salah beli foundation warna pink, padahal kita punya warm undertone, wajah kita waktu pakai make up lama-lama akan kusam dan abu-abu. Saya yang punya undertone kuning kenceng gini, malah bisa langsung kelihatan abu-abu di muka ketika selesai memakai foundation yang salah shadenya.

Ok, bagaimana, cukup membantu kah, buat yang mau beli foundation? Oiya, ada sedikit tips juga nih, kalau mau beli foundation, jangan di swatch di punggung tangan ya, soalnya bisa jadi punggung tangan kita lebih gelap dari wajah, kita malah dapat foundi yang kegelapan nanti. Swatch yang benar  itu di rahang. Jangan ragu tanya sama mba-mba BA nya, jangan malu buat colak-colek tester, dan yang paling penting, ga usah takut kalau ga jadi beli. Misalnya karena shade-nya ga cocok dengan warna wajah kita. Foundation kan mahal ya, sayang banget kalau ga beli yang pas. Jadi daripada nyesel, kalau ga cocok ya ga usah dibeli.
Ok, semoga membantu :D

foundation saya, yang pass banget dengan undertone saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar