Kamis, 04 Februari 2016

[Resep] Bolu Kukus Gula Merah

Hello guys, long time no see yah. Saya sebenarnya mau post beberapa kali lagi di Januari kemarin, cuman kondisi saya ga memungkinkan. Yang pertama, saya sakit flu berat. Dan gejala pusing kepala, hidung tersumbat, hingga meriang pun saya alami. Dan diteruskan dengan batuk. Lalu seakan itu semua ga cukup, leptop saya rusak :( tetiba layarnya putih doang dan ga bisa buat ngapa-ngapain. Buat ngaca pun ga bisa ToT
Akhirnya ya ganti LCD dan yang paling penting, sekarang laptopnya udah sembuh dan saya bisa ngeblog lagi. Yipppiii!!
Oh iya, saya belum sepenuhnya sembuh by the way, siapa tau ada yang nanyain dalam hati, gimana kondisi saya saat ini :P

Harusnya awal bulan ginian saya posting haul dan botol-botol kosong milik saya. Tapi karena kemarin belum bisa edit foto, jadi belum siap. Makanya saya isi resep aja yah. Saya kan udah lama ga pamer bagi foto masakan saya LOL

Siapa yang suka bolu kukus? Saya suka banget. Waktu pakde saya ibadah haji taun kemarin, saya rutin setor bolu kukus ini buat pengajian. Sebenarnya sih, bude saya yang pesen, hihihi..
Saya bahkan sampai hafal resepnya.
Yang mau nyoba bikin, silakan ya. Pasti jadi dan mengembang. Tadinya saya juga sangsi, bakal bantet apa enggak bolu yang saya bikin. Eh ternyata percobaan pertama pun langsung bolunya ngakak LOL berhasil!!


Bolu Kukus Gula Merah
resep dari : catatan nina

Bahan:
500 gr terigu
500 gr gula merah
2 sdm gula pasir
4 kuning telur
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
1 sdt vanili
400 ml air
100 ml minyak goreng

Cara membuat:
- Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan papercup.
- Siapkan kukusan, didihkan dengan api besar. Tutup kukusannya diikat pakai serbet ya, biar air yang menguap ga bikin basah bolunya nanti.
- Lelehkan gula merah dengan air, saring, dinginkan.
- Campur bahan kering (terigu, baking powder, soda kue, gula pasir, dan vanili) hingga rata.
- Buat lubang ditengah, tuang kuning telur, campur rata.
- Tuang gula merah yang sudah dingin sedikit demi sedikit, sambil mixer dengan speed rendah hingga rata.
- Tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit sambil aduk balik hingga rata.
- Adonan udah siap, tinggal masukin di papercup sampai penuh, lalu kukus 10 menit.

Jangan buka tutup kukusannya ya, nanti bolu yang sudah mengembang naik, jadi turun lagi loh. Pokonya buka kukusannya ya setelah matang, jangan di tengah mengukus karena penasaran mengembang atau enggak, trus kalian buka tutupnya buat ngintip. Ntar gagaaalll LOL ingat yah, mengintip itu ga baik :D
Ok, selamat mencobaaaa xD


Tidak ada komentar:

Posting Komentar