Senin, 25 Mei 2015

[DIY] Detox Toner

Sejak saya menemukan blog Random Wonderland, saya jadi rajin bikin toner sendiri. Selain karena bahannya alami, khasiatnya pun terasa di kulit. 

Yang satu ini adalah toner yang bisa membantu detoksifikasi, yaitu membantu pengeluaran racun dari kulit. Saya pikir, bagus banget ni untuk 'masa peralihan' pergantian skincare saya.
Dipostingan saya sebelumnya, saya kan ganti pelembap. Nah sebelum pakai pelembap yang baru secara rutin, saya pakai detox toner ini dulu. Setelah habis, baru deh pakai pelembap yang baru. Saya takut kalau langsung pakai pelembap baru, kulit saya bakal protes, karena kulit saya ini sensitif, gampang bruntusan dan jerawatan kalau pakai produk baru.

Tertarik mau membuat juga?
Ini dia caranya..
Detox Toner oleh Lintang Random Wonderland




Bahan:
Kacang hijau satu genggam
Air ( distiled water ) 300ml
Jahe satu ruas, geprek
Madu satu sdt


Cara membuat:
Cuci bersih kacang hijau, rebus dalam 300ml distiled water bersama jahe yang telah digeprek tadi.
Setelah mendidih, lanjutkan proses perebusan 5 menit hingga air berkurang setengahnya.
Segera angkat dan saring, dinginkan.
Setelah dingin, tambahkan satu sdt madu, pindahkan ke botol spray, toner bisa langsung dipakai.

Jangan lupa simpan di kulkas ya, bisa tahan 5-6 hari di kulkas.
Cara pakainya ya seperti toner biasa, tuang di kapas, tepuk-tepuk di muka yang bersih.
Saya suka dengan hasilnya, kulit saya jadi lembut dan kenyal. Jerawat juga cepet kempesnya.

Kacang hijau itu banyak banget manfaatnya bagi kulit, diantaranya, bisa mengangkat kotoran dan sel kulit mati, melembapkan kulit, bisa juga meningkatkan elastisitas kulit.
Sedangkan jahe sebagai anti aging, dan bisa menyembuhkan jerawat.

Kacang hijaunya tadi, jangan dibuang ya, bisa diblender atau ditumbuk, untuk maskeran. Kalau ga habis sekali pakai, kacang hijau yang sudah dihaluskan tadi, bisa dijemur lalu disangrai. Bisa buat maskeran seminggu tuh. Pakainya ya tinggal diencerkan pakai air sikit. 




Mendingan diblender aja deh, jangan ditumbuk, soalnya keraaaaass >.< itu gaya banget saya pake ulekan, karena tadinya males kalo harus cuci-cuci blender, eh akhirnya diblender juga LOL jadi dobel deh bebersihnya, nyuci blender iya, nyuci ulekan juga iya LOL

Kalau kalian punya kulit yang rewel seperti saya, tips dari saya nih, kalau mau ganti skincare jangan langsung skincare sebelumnya habis trus pakai skincare baru gitu, pada minggu pertama, pakainya selang seling aja dulu. Sehari pakai, sehari enggak. Biar kulit bisa adaptasi produk baru itu. Setelah itu sih, bisa dimulai rutin tiap hari pakai. Tapi tetep ya, kalau ga cocok jangan diteruskan.
Ok?!
Ok... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar