Rabu, 17 Juni 2015

[Baking] Mini Brownies Pie

Edisi manasin oven nih gaes :D jadi kan besok udah puasa, biasanya saya kalau menjelang lebaran udah sibuk aja bikin kue kering. Buat dimakan sendiri juga buat hantaran. Karena bikin kuenya juga cuma setaun sekali :P makanya perlu pemanasan dulu hihihi :D

Untuk baking pertama kali, pilihan saya jatuh pada mini brownies pie. Resepnya saya dapetin dari blognya mbak Nina. Yang mau lihat postingan mbak Nina, disini ya..




Mini Brownis Pie
sumber :  Catatan Nina

Bahan Crust Pie
500 gram tepung terigu
300 gram margarin
2 sdt munjung gula halus
3 kuning telur
1 sdt vanili
Cara membuat
Aduk semua bahan hingga rata dan berbulir. Kalau saya sih, kuning telurnya dimixer dulu pake kecepatan rendah, sebentar aja. Baru ditambah margarin dan gula, kocok sebentar asal rata. Baru tambahin terigu dan vanili. Lalu diaduk pakai spatula hingga berbulir.
Setelah itu bulatkan adonan lalu timbang masing-masing 30 gram. Siap dicetak di cetakan pie. Tapi cetakannya jangan lupa oles pakai minyak goreng dulu ya.

Bahan Brownis
120 gram tepung terigu
200 gram margarin
3 butir telur
200 gram DCC cincang
150 gram  gula halus
¼ sdt garam
Cara membuat
1.       Campur terigu dan gula, sisihkan
2.       Lelehkan margarin dengan cara ditim, setelah margarin cair masukkan DCC sampai leleh dan menyatu dengan margarin. Aduk rata. Dinginkan.
3.       Kocok telur hingga mengembang, masukkan tepung terigu, aduk rata.
4.       Masukkan margarin+DCC leleh yang telah dingin. Aduk rata.
5.       Adonan brownis untuk isian pie siap digunakan.

Penyelesaian
Panaskan oven 180 derajat
Isi cetakan pie yang telah diisi dengan adonan crust tadi dengan adonan brownis hingga hampir penuh. Panggang kurang lebih 20 -30 mnt, tergantung oven masing-masing ya.
Jangan lupa lakukan tes tusuk sebelum mengeluarkan adonan dari oven.
Setelah matang, tunggu sampai dingin dulu, baru ketuk-ketuk untuk mengeluarkan kue dari  loyang pie.




Untuk percobaan ini, saya bikin setengah resep dulu. Biar kalau gagal, ga kecewa banget lah. Dan hasilnya? Pie saya sukses besar dong hihihi, bangga bener. Rasanya manis dan legit dari brownis, bercampur gurihnya crust pie, jadi nagih pingin lagi pingin lagi. Sayangnya, kulit pie punya saya gampang hancur L dikeluarkan dari cetakannya jadi banyak remahnya gitu. Tapi gpp sih, tetap enyaaak kok hihihi.. makasih ya mbak Nina :D
Kalau kalian suka brownis, tapi ga suka dengan makanan manis, pie brownis ini cocok untuk kalian. Buat teman minum teh, enak banget deh :D

Selamat mencoba ya teman-teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar