Sabtu, 13 Juni 2015

[Movie Pick] Insurgent

Bagi yang suka nonton film dengan genre Adventure dan Sci Fi, pasti ga melewatkan Divergent. Dan Insurgent ini adalah sekuel dari Divergent.



Cast:
Shailene Woodley as Beatrice "Tris" Prior
Theo James as Tobias "Four" Eaton
Ansel Elgort as Caleb Prior
Kate Winslet as Jeanine Matthews
Naomi Watts as Evelyn Johnson-Eaton
Zoƫ Kravitz as Christina
Jai Courtney as Eric
Miles Teller as Peter
Daniel Dae Kim as Jack Kang

Dalam Divergent diceritakan, tentang penduduk yang dikelompokkan sesuai dengan faksi-faksi sesuai kepribadian mereka.
Candor yang memiliki sifat jujur, biasanya mereka bekerja sebagai hakim, penegak keadilan.
Erudite yang memiliki sifat jenius, mereka bekerja sebagai peneliti.
Amity memiliki sifat suka damai, mereka bekerja sebagai petani.
Dauntless adalah yang memiliki sifat pemberani, mereka adalah para tentara.
Abnegation sebagai penolong tanpa pamrih.
Divergent sendiri adalah orang yang memiliki sifat kelimanya. Sedang ada lagi non faksi, yaitu mereka yang ga cocok dengan faksi manapun.

Film dimulai dengan kekacauan di Abnegation, yang disimulasi oleh pemimpin Erudite, Jeanine. Para Dauntless dipaksa untuk membunuh kaum Abnegation, tanpa mereka sadari. Eric, salah seorang Dauntless yang juga kaki tangan Jeanine, menemukan sebuah kotak di kediaman ayah dan ibu Beatrice Prior. Yang selanjutnya diketahui kalau kotak itu adalah sebuah pesan dari pendiri kota. Dan yang bisa membuka kotak itu hanyalah seorang divergent. Maka, misi memburu para divergent pun dimulai saat itu juga, atas perintah Jeanine.

Matthews (pemimpin fraksi abnegation, yang juga ayah Four), Tris, Four, Caleb ( adik Tris ), dan Peter dalam pelarian. Mereka diburu oleh Jeanine. Saat dalam perlindungan fraksi Amity, pasukan Jeanine datang mencari kaum divergent. Mereka pun harus lari lagi. Dan saat itu Peter berkhianat. Dia membantu Eric dengan menunjukkan arah Tris, Celeb, dan Four pergi. Akhirnya, kejar-kejaran dengan penembakan pun terjadi. 
Hingga mereka bertiga selamat karena naik kereta milik kaum non faksi. Di dalam kereta, baku hantam kembali terjadi. Celeb bahkan membunuh seseorang, yang sangat membuat dia menyesal (karena Celeb adalah seorang Erudite, yang lebih menggunakan otak dari pada senjata). Tris juga hampir terlempar keluar kereta, tapi diselamatkan oleh Four, yang ternyata adalah anak dari pemimpin kaum non faksi.



Four, Tris, Celeb

Mereka bertiga, akhirnya pergi ke markas kaum non faksi. Di sana, Four bertemu dengan Evelyn, ibu kandung yang sejak dia berumur 6th memalsukan kematiannya sendiri. Four sangat terluka dan dia ga mau mengakui Evelyn sebagai ibunya, baginya, ibunya udah meninggal saat dia berumur 6 tahun. Tapi Eve berhasil membujuk Tris buat tinggal. Eve juga memberitahu bahwa para Dauntless yang tersisa berada di Condor (Tris dan Four adalah Dauntless, meskipun Tris divergent).

Pagi harinya, Tris, Four, dan Celeb pergi dari markas non faksi. Jelas tujuan mereka adalah Condor. Tapi Celeb menolak, dia gak ikut karena menurutnya apa yang sedang mereka lakukan tu ga cocok dengan dirinya. Celeb bilang, kalau dia mau pergi ke Abnegation ( ayah dan ibu Tris adalah abnegation, masa kecil Tris dan Celeb berada di kaum Abnegation, sampai ujian tiba dan Tris memilih  Dauntless, sedang Celeb memilih Erudite ). Tris tentu merasa sedih. Tapi Four bilang kalau Celeb udah besar, dan bukan tanggung jawabnya lagi. Dengan berat hati, Tris pun berpisah dengan adiknya. Tris dan Four tetap pergi ke Condor.

Sampai di Condor, Tris dan Four disambut dengan sukacita oleh teman-teman mereka. Tapi tiba-tiba mereka ditangkap dan berhadapan dengan Jack Kang, pemimpin Condor. Jack adalah seorang yang taat peraturan. Dia mau menyerahkan Tris ke Jeanine. Tapi Four buru-buru bilang, kalau dia berani disuntik serum kejujuran untuk membuktikan kalau dia dan Tris gak bersalah. Jack setuju, lalu mereka berdua diadili, di depan seluruh penduduk, dan memang terbukti kalau mereka gak salah. Tapi juga kebenaran bahwa Tris menembak Will sampai meninggal juga terungkap ( selama ini Tris dihantui dengan  perasaan bersalah karena membunuh Will ). Karena terbukti mereka ga bersalah, Jack pun mau menerima mereka.

Tapi ketenangan ga berlangsung lama, karena malam harinya, Eric dan pasukan Jeanine lainnya menyerang Condor lalu menembakkan serum agar para penduduk tertidur. Tapi serum itu ga mempan untuk divergent. Semua divergent yang ada, dikumpulkan, lalu di scanning dengan alat, jika divergent kurang dari 50% dia langsung ditembak.
Ga dinyana, ternyata Tris 100% divergent, Tris pun hendak dibawa ke markas Erudite, tapi untunglah Four dan para Dountless lainnya dengan sigap menghadang pasukan Erudite. Tris pun selamat.

Condor sudah ga aman lagi. Makanya, Four mengajak Tris dan semua Dauntless yang tersisa untuk balik ke markas kaum non faksi. Tanpa mereka semua tau, kalau peluru tembak yang ditembakkan di tubuh mereka saat di Condor itu ternyata adalah alat untuk mengendalikan diri mereka sesuai perintah Jeanine.
Untuk memancing Tris keluar, Jeanine membuat Christina ( sahabat Tris ) dan dua orang lainnya mau bunuh diri.
Tris tentu ga tahan dengan tekanan itu, dia ga mau orang yang dia sayang mati karenanya.
Dan pancingan Jeanine pun berhasil. Tris pergi diam-diam ke Erudite seorang diri. Sebenarnya, Evelyn mengetahui kalau Tris pergi, tapi dia cuma diam saja. Mungkin Evelyn ini sebenarnya juga jahat?

Sampai di Erudite, Tris harus melakukan simulasi yang berat untuk membuka kotak berisi pesan leluhur mereka. Dia ga terkejut ketika melihat Pete ada di sana bergabung dengan Jeanine. Tapi yang bikin terkejut, adalah Celeb, adiknya, yang ternyata ga pernah kembali ke Abnigation dan memilih kembali ke Erudite.
Simulasinya hampir berhasil, ketika Tris tiba-tiba pingsan dan monitor bilang kalo dia udah meninggal. Dan Jeanine dengan santainya dia bilang, kalo mereka harus cari divergent yang lain.





Ternyaya, itu semua cuma trik. Pete membantu Tris dengan menyuntikkan serum, agar dia seolah-olah mati, lalu membawa jasad Tris ke depan tahanan Four ( Four sempat nyusul Tris, tapi dia ketangkap karena cuma sendirian ). Hm, rupanya Pete berubah pikiran, saat dalam simulasinya, Tris mengampuninya.
Mereka lalu berjuang untuk kabur, sayangnya Tris memaksa kalau dia harus menyelesaikan simulasi itu dan harus berhasil membuka kotaknya. Karena kotak itu begitu dilindungi oleh orang tuanya, dia pun ingin tau apa isi kotak itu.



Teka-teki terjawab, simulasi berhasil lalu menampilkan seorang perempuan, dia berkata bahwa seluruh penghuni di dalam tembok hanyalah eksperimen saja. Setelah ada yang berhasil membuka kotak, masyarakat di luar tembok akan menyambut mereka. Perempuan itu juga mengajak semua faksi untuk keluar dari tembok. Kaum divergent yang dianggap berbahaya adalah keliru. Mereka justru akan dibutuhkan kontribusinya oleh masyarakat luar tembok, mereka adalah solusi bagi semua kaum yang ada.
Jeanine yang mendengar pesan ini memerintahkan agar kotak pesan dimusnahkan dan membunuh Tris serta Four, namun pasukan non faksi dan Dontless datang dan menangkap Jeanine.

Akhir cerita, semua orang bersama-sama lari keluar dari tembok. Sedangkan Jeanine yang dipenjara, malah ditembak dari belakang sama Evelyn.

Hm saya benar-benar ga sabar buat nonton seri terakhirnya. Yang masih bikin kepo adalah Jeanine dan Evelyn yang sepertinya tau sesuatu. Dengan Jeanine yang telah mati, tentu hanya Evelyn seorang yang tau ada apa sebenarnya. Tapi harus sabar nih sampai taun depan xD


Tidak ada komentar:

Posting Komentar