Selasa, 01 September 2015

[Baking] Triple Chocolate Muffin

Waktu buka folder foto, eh ada foto muffin ini, sayang banget kalau ga diposting, padahal bikinnya udah lama. Saat mau ngedraf resepnya, jadi susah sendiri, karena lupa, dulu bikin muffin ini, pakai resep mba Nina atau mba Hesti, trus dikasih nama apa sama sang empunya resep? Jadilah saya blogwalking, akhirnya ketemu juga. Ternyata dari blognya mba Nina. Namanya, Triple Chocolate Muffin.

Saya baru pertama kali ini bikin muffin. Begitu baca resepnya yang simple, ga perlu pakai mixer, tinggal cemplang-cemplung trus aduk-aduk doang, kok jadi pingin nyoba bikin. Dan tergolong nekat karena saya ga punya cup muffin LOL jadi ditaruh aja di cup mini pie, yang bawahnya dikasih cetakan bolu kukus gitu :D
Tapi malah jadi enak, ga begitu berat dan mengenyangkan, karena porsinya juga sedikit.
Yang mau bikin juga, ni saya catatatkan lagi resepnya ya.

TRIPLE CHOCOLATE MUFFIN
sumber: Catatan Nina



Bahan :
300 gr tepung terigu serbaguna
70 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
1/4 sdt garam
225 gr gula pasir halus
100 gr butter leleh
250 ml buttermilk
2 telur ukuran besar
120 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
30 gr chocochips

Cara Membuat :
1. Panaskan oven, siapkan cup muffin.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Dalam wadah lain, campur gula pasir halus, butter leleh, buttermilk dan telur. Aduk hingga rata.
4. Masukkan bahan kering ke dalam wadah no. 3. Aduk hingga asal rata saja. Jangan terlalu lama ngaduknya ya.
5. Tambahkan chocochips dan 3/4 bagian DCC. Aduk rata.
6. Tuang adonan ke cup muffin hingga 3/4 penuh. Taburi atasnya dengan sisa DCC cincang. Panggang hingga matang selama kurang lebih 25 menit. Lakukan test tusuk.
7. Angkat dan sajikan hangat.

Kalau suhu oven dari blog mba Nina, 190 derajat. Tapi karena saya cuma pakai oven tangkring, jadi suhunya cuma saya kira-kira. Matangnya juga ga pasti 25menit, kalau saya, malah hampir 45 menit baru matang. Pokoknya lakukan tes tusuk.

Buttermilknya, karena saya ga punya, saya bikin dengan 250ml susu cair + 2 sdt air jeruk nipis. Saya diamkan 10 menit, baru dipakai.



Muffin ini rasanya nyoklat banget. Udah ada coklat bubuk, lalu dcc coklat, masih pakai chochips pula. Dimakan anget-anget, enak banget. Apalagi kalau ditemani secangkir teh pahit. Duh, angin surga :D
Bikin sendiri yuk, teman-teman. Rasanya ga kalah kok dari muffin yang beli di toko kue, beneran. Selamat mencoba yah, semoga berhasil xD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar