Selasa, 27 Oktober 2015

[Resep] Super Fluffy Pancake

Duluu sekali, saya pernah bikin pancake yang resepnya menjamur di facebook itu tuh. Dengan 2 butir telur yang dicampur dengan satu sisir pisang yang udah dihancurkan. Tapi punya saya hasilnya malah amis, dan saya ga suka. Lalu jadi parno mau bikin atau cari resep lain.

Sampai waktu saya jalan-jalan lalu nemu resto pancake, saya kok jadi pingin makan pancake. Tapi bikin sendiri dong ya, hahaha biar irit gituh :P
Lalu saya semangat deh, nyari-nyari resep pancake dari para foodblogger kesayangan saya.
Resep ini saya dapat dari Hesti's Kitchen, Buttermilk Fluffy Pancake. Tapi karena saya benar-benar amazing dengan pancakenya yang sangat sangat fluffy, makanya saya namain sendiri super fluffy pancake xD

Pancake ini pake buttermilk, kata mba Hesti, ya karena buttermilk itu pancakenya jadi lembut banget. Karena ga punya buttermilk, jadi saya bikin sendiri. Caranya, mix setengah gelas susu cair (kurang lebih 150ml) dengan 2 sdm air perasan jeruk nipis. Lalu diamkan 10 menit.

Karena saya ga suka pancake yang dikasih toping macem-macem, jadi saat memasak adonannya, saya taburi dengan keju dan cochochips. Dan benar-benar pas dengan selera saya. Akhirnya saya menemukan resep pancake yang benar-benar saya suka. Horeeeeyyy :D
Disini saya tuliskan resepnya yaa :D



Bahan :
- 1 cup terigu protein sedang, saya pakai 128gr segitiga biru
- 1 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 1/4 sdt garam halus
- 1 1/2 sdm gula pasir
- 1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
- 130 - 150 ml buttermilk
- 2 sdm unsalted butter, lelehkan, saya pakai margarin biasa
- chocochips dan keju secukupnya

Cara membuat :
1. Aduk rata semua bahan kering. Masukkan telur, susu cair dan butter leleh. Aduk asal rata.
2. Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang. Tuang 1 sendok sayur adonan.
3. Taburi chocochip dan atau keju diatasnya.
4. Biarkan berlubang-lubang dan pinggirannya agak kering sekitar 2 1/2 menit.
3. Balik adonan. Apabila sudah kuning kecoklatan angkat, sekitar 1 menit.
4. Sajikan.

Note: Jangan sampai overmix dan licin ya saat mengocoknya. Cukup tercampur rata saja. Biar pancake tidak keras.

Pancakenya pas sesuai selera saya. Lembut dan manisnya pas. Apalagi kalau pas ada chocochipsnya. Surgaaaa!!! kekekke :D
Selamat mencoba xD

1 komentar:

  1. Are you looking for free Twitter Followers?
    Did you know that you can get them ON AUTOPILOT AND ABSOLUTELY FOR FREE by getting an account on Like 4 Like?

    BalasHapus